KOTA MAGELANG – Perpustakaan yang baik tentu dikelola dengan baik pula dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, manajemen dan administrasi yang baik pula. Namun ada lagi unsur yang penting, yaitu sumber daya manusia (SDM) dari para pengelola yang mumpuni. Untuk itu dalam rangka meningkatkan sebuah perpustakaan, tiga unsur harus diutamakan yaitu manajemen, administrasi, dan SDM pengelola.

Dengan tujuan meningkatkan perpustakaan sekolah, SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti Akreditasi Perustakaan. Peningkatan perpustakaan ini pun mengutamakan peningkatan manajeman, administrasi, dan SDM pengelolanya.

Kegiatan Akreditasi perpustakaan tersebut dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom dengan asesor dari Perpustakaan Nasional RI, Selasa (27/11/2020). Ada 6 asesor dari Perpustakaan Nasional Rl yang melaksanakan akreditasi online di Kota Magelang, sedangkan yang bertugas untuk akreditasi online SMA Mutual yaitu Drs. B. Mustafa, M. Lib.

Asesor Perpustakaan Nasional Rl yang bertugas untuk Akreditasi Perpustakaan secara online SMA Mutual yaitu Drs. B. Mustafa, M. Lib. (foto: Narwan Siedoo)

Kepala Perpustakaan SMA Mutual, Nanik Suharti, S.Pd, menjelaskan dalam kegiatan online tersebut meliputi beberapa sesi kegiatan secara berurutan. Yaitu diawali pembukaan, sambutan kepala sekolah, sambutan asesor dan doa. Sesi inti berupa presentasi profil perpustakaan, pemutaran video perpustakaan verifikasi instrumen dengan bukti fisik, peninjauan perpustakaan, dan diakhiri resume, saran dan rekomendasi.

“Setelah seluruh sesi dilaksakan, kegiatan diakhiri dengansesi penutup,” katanya.

Nanik menjelaskan kegiatan akreditasi perpustakaan secara online ini berjalan lancar walaupun secara virtual melalui aplikasi Zoom, tidak ada kendala secara teknis. Untuk hasil aksreditasi secara resmi akan diwujudkan berupa sertifikat akreditasi yang membutuhkan waktu.

“Namun sebelumnya secara tidak resmi, asesor melalui Ka Dinas Perpustakaan Kota Magelang telah menyampaikan Perpustakaan SMA Mutual mendapatkan Nilai A,” jelasnya.

Nanik menuturkan akreditasi online bertujuan agar perpustakaan SMA Mutual Kota Magelang dapat memberikan pelayanan yang optimal dan fasilitas yang representatif. Sementara Kepala SMA Mutual, Icuk Salabiyati, S.S., M.Pd berharap agar perpustakaan SMA Mutual Magelang bisa sesuai standar yang diharapkan.

“Sehingga pelayanan perpustakaan bisa bermanfaat untuk semua pihak,” harapnya. (Siedoo)

sumber :Siedoo Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *