Ibu Icuk Salabiyati menerima suntik vaksin kedua
Ibu Icuk Salabiyati menerima suntik vaksin kedua

Kota Magelang– SMA Muhammdiyah Alternatif 1 Kota Magelang  atau yang lebih di kenal SMA MUTUAL mendapatkan kesempatan mengikuti vaksin untuk para tendik dan tenaga kependidikan. Kegiatan vaksinasi diadakan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool (RSIA GLADIOOL) . Kegiatan ini dilaksanakan  secara bertahap. Vaksin tahap 1 dilakukan pada tanggal 17 Maret 2021 dan vaksin tahap ke 2 dilakukan tanggal 31 Maret 2021. Pada kesempatan ini SMA MUTUAL mendapatkan kesempatan kuota sebesar 20 orang untuk mengikuti vaksinasi.

Tujuan diadakan kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan terhadap virus covid-19 serta memberi kekebalan pada tubuh. Pelaksanaan kegiatan vaksin COVID-19 ini berfungsi mendorong pembentukan kekebalan tubuh yang lebih spesifik agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat karena virus covid-19. ‘’Menurut saya vaksin ini merupakan ikhtiar  terkini yang kita miliki pada saat ini’’ ujar ketua pelaksana vaksinasi Ibu Ratna.

Sebelum mengikui kegiatan vaksinasi semua peserta baik tenaga kependidikan dan guru melakukan pendaftran secara online dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP). Setelah lolos di bagian adminitrasi, semua peserta mengikuti uji screening kesehatan. Pada langkah ini semua tendik dan guru di cek tekanan darah dan mengisi daftar pertanyaan yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit guna mengetahui kondisi kesehatan. Bila tahap pertama ini lolos bisa dilanjutkan tahap selanjutnya.

Pada tahap selanjutnya, pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan pengarahan langsung dari pihak rumah sakit terkiat dampak atau keluhan nantinya sesudah mengikuti vaksisn. Setalah cukup pemberikan pengetahun mengenai vaksin, masing-masing peserta mulai mengikuti kegiatan vaksinasi dosis pertama pada tanggal 17 Maret 2021. ‘’Rangkaian acara berjalan lancar dan efek yang dirasakan juga tidak terlalu berdampak’’ Tegas salah tenaga kependidikan Dianika. Namun dari dua puluh peserta yang mengajukan vaksinasi hanya ada satu orang yang tidak lolos karena kondisi tekanan darah yang kurang stabil.

Pemberian dosis kedua dilakukan tanggal 31 Maret 2021. Ada 4 meja yang harus dilalui oleh tendik dan guru sebelum mengikuti kegiatan vaksinasi. Semua prosedur dilakukan sama serti tahap pertama, mulai dari registrasi, screening kesehatan,dan pemberian vaksin dosis kedua. Pada tahap ini ada beberapa gejala yang dialami oleh salah satu peserta terkait rasa ngantuk dan lapar. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama setelah mendapatkan dua kali vaksin. ‘’pesan dari dokter jangan sampai telat makan setelah mengikuti kegiatan vaksinasi tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik’’ ujar Bu Titik salah satu guru di SMA Mutual.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *