Kota Magelang- SMA Muhammdiyah 1 Alternatif Kota Magelang (MUTUAL) menyerahkan donasi hasil dari penggalangan dana untuk bencana alam di berbagai daerah. Penyerahan donasi dilakukan langsung oleh Kepala SMA Mutual, Icuk Salabiyati,S.S,M.Pd kepada Lazismu Kota Magelang, pada hari Kamis, 4 Februari 2021 pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Milad ke-45 SMA MUTUAL.

Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai wujud rasa empati kepada rakyat Indonesia yang tertimpa musibah. Mengingat akhir-akhir ini di Indonesia dilanda bencana alam yang hampir menyeluruh di berbagai daerah. Selain itu, penggalangan donasi ini juga mengajarkan kepada anak-anak di SMA MUTUAL untuk saling membantu di saat ada yang tertimba musibah. ‘’Dengan diadakannya kegiatan ini dapat melatih anak-anak untuk toleransi dan berbagi dan menumbuhkan rasa syukur’’. Pungkas Waka Kesiswaan SMA MUTUAL Ibu Endang.

Penggalangan dana yang dilakukan SMA MUTUAL untuk para korban bencana alam dibuka untuk warga sekolah dan umum, dengan harapan banyak donasi yang menyumbang. Sistem penggalangan dana dilakukan secara daring yang diwakili oleh bendahara SMA MUTUAL sebagai penerima donasi. Guna membedakan setoran sekolah dan donasi pihak bendahara mengarahkan para donatur untuk memberi kode 001 di jumlah nominal yang disetorkan.

Jumlah donasi yang terkumpul sampai dengan tanggal 3 Februari 2021 sejumlah Rp. 8. 042.027,00. Dana yang terkumpul berasal dari donasi orang tua atau wali murid dan civitas akademika SMA Mutual Kota Magelang. Bergandengan tangan dengan Lazizmu, SMA MUTUAL bersinergi untuk mengadakan penggalangan dana untuk para korban. Kepala Sekolah SMA MUTUAL menyampaikan, ‘’Penggalangan Dana ini didukung oleh Bapak Ibu guru dan karyawan yang semua diwajibkan untuk menyisihkan sebagian rejekinya, kemudian kami juga memberitahu informasi tersebut kepada walimurid kelas X,XI Dan XII melalui wali kelas masing-masing.

Awalnya kegiatan ini hanya untuk menyambut ulang tahun SMA MUTUAL yang ke-45, melalui program berbagi untuk sesama. Kegiatan ini lebih terfokus untuk para warga terdampak covid-19 terutamanya dilingkungan SMA MUTUAL. ‘’Namun ditengah perencanaan yang sudah matang ternyata musibah alam datang melanda, maka kami lebarkan sayap untuk berbagi pada mereka yang terkena bencana alam. Tegas Icuk Salabiyati,S.S,M.Pd.

Kegiatan semacam ini kedepannya diharapkan mampu memberikan keteladanan untuk saling berempati, utamanya untuk anak-anak SMA MUTUAL. ‘’Alhamdulillah responnya luar biasa sehingga kami bisa berbagi. Tentu saja kami berharap bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah. Selebihnya ternyata membuktikan bahwa kami bisa mengekspresikan empati kami secara bersama sehingga chemistry kedekatan kami pun terbangun,  semoga setelah ini terbangun sebuah komitmen,  selalu berbagi dalam susah dan senang. Pungkas Icuk Salabiyati,S.S,M.Pd.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *