KOTA MAGELANG– Semarak rangkaian milad- 45  SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang  (SMA Mutual) mengadakan acara gebyar literasi cipta puisi. Rangkaian gebyar literasi cipta puisi ini masih melekat pada tema milad “innovative and creative in pandemic era” berkomitmen untuk meningkatkan dan mengembangkan daya inovasi dan kreativitas di tengah pandemic covid -19. Sasaran dari lomba ini adalah siswa siswi SMP/MTs Muhammadiyah se-Karesidenan Kedu. Lomba dilaksanakan dalam dua babak.

Babak pertama dilaksanakan secara online, tanggal 2 Januari – 3 Februari 2021 dengan tema mewujudkan generasi Islami di masa pandemi. Setelah penilaian oleh juri, pengumuman 10 peserta terbaik diberikan pada tanggal 10 Februari 2021. Selanjutnya, 10 peserta terbaik ini kemudian akan berlomba kembali dalam babak kedua yang dilaksanakan secara offline. Bertempat di SMA Mutual Kota Magelang, babak final ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Februari 2021, dengan tema puisi bencana negeriku. Selain itu, pada babak final ini peserta akan membacakan karyanya satu persatu, yang nantinya akan dipilih satu peserta sebagai best performer.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas siswa-siswi SMP/MTs Muhammadiyah se-Karesidenan Kedu dalam bidang cipta puisi. Meningkatkan rasa percaya diri siswa-siswi terhadapkarya yang dihasilkan. Mengembangkan imajinasi, ide, dan gagasan siswa-siswi SMP/MTs Muhammadiyah se-Karesidenan Kedu. Melatih untuk berpikir kritis terhadap alam dan lingkungan sekitar. ‘’harapannya semoga dengan adanya perlombaan ini dapat mendorong para pelajar untuk menuangkan ide dan gagasan mengenai suatu hal yang baru. Selain itu, juga dapat mendorong pelajar untuk belajar berpikir kritis mengenai alam dan lingkungan sekitar’’ tutur Salsabila ketua penyelenggara.

Pada saat pelaksanaan babak final semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Saat datang semua peserta di tidak lupa cuci tangan, cek suhu tubuh dan menjaga jarak satu dengan yang lain. Tempat kegiatan juga di setting dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan.

Gebyar literasi lomba cipta puisi adalah annual event dari anak-anak Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Rangkaian kegiatan ini merupakan tahun ke- 3. Dari tahun ke tahun ada peningkatan partisipasi pada jumlah pesertanya. Di tahun ke-3 ini ada beberapa peserta yang pernah berpartisipasi di tahun sebelumnya, dimana tahun kemarin dia tidak mendapatkan nominasi tapi ditahun ini dia mendapatkan juara. Pemenang juara 1 diraih oleh Naja Aisyaristo MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak, juara 2 : Callista Asyifa Atha MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak, juara 3 : Naj’mafillah SMP Mutual, juara harapan 1 : Nababillah SMP Mutual, juara harapan 2 : Felicia Lintang SMP Mutual. Dan untuk juara best performer diraih oleh Felicia Lintang SMP Mutual. Harapan pembina IPM Tri Puji Nugroho ‘’alhamdulillah kegiatan tahunan gebyar literasi cipta puisi dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Memasuki tahun ke-3 pelaksanaannya ada beberapa perkembangan termasuk minat peserta dalam mengikuti acara tersebut’’.

Selama proses seleksi cipta puisi sampaikan dengan pembacaaan hasil karya puisi. Ada 4 dewan juri yang ikut andil dalam kegiatan tersebut. Wahyu salah satu dewan juri, ‘’harapan kegiatan ini semoga dapat memotivasi peserta untuk terus menulis dan berkarya. Jangan pernah bosan untuk selalu mengekspresikan ide atau gagasan melalui sebuah puisi’’. Berharap gebyar literasi lomba cipta puisi ini menjadi jalan silaturohmi SMA Mutual dengan adik-adik di SMP Muhammdiyah se-Karesidenan Kedu dan menjadi salah satu ajang atau kawah condrodimuko bagi anak-anak berbakat. ‘’selamat untuk yang menjadi juara tetaplah rendah hati dan tetap semangat bagi anak-anak yang belum berhasil, tetaplah berproses karena hasil tidak akan pernah mengkhianati proses’’, tegas Icuk Salabiyati, Kepala Sekolah SMA Mutual.

 

Salam literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *